SOSIALISASI KUR DAN AUTS/K

Kamis, 3 September 2020, diadakan pertemuan dalam rangka sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau) di Gangga Kabupaten Lombok Utara. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh kelompok-kelompok petani peternak yang ada di KLU dengan narasumber Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lombok Utara, Kepala BRI unit Tanjung dan Jasindo perwakilan NTB.

Dalam paparanya Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU menyampaikan bahwa hasil-hasil produksi pertanian dan peternakan belum bisa mensuply secara langsung untuk kebutuhan pariwisata, untuk itu perlu peran pemerintah untuk mengatur mekanismenya.
Sementara itu dari BRI menyampaikan bahwa penyaluran dana KUR untuk usaha mikro dan kecil di KLU cukup banyak dan lancar, dan sampai akhir agustus 2020 sudah mencapai ±40 milyar. Bunga KUR disubsidi oleh pemerintah pusat ±50% dari bunga yang seharusnya.
Sedangkan dari Jasindo menjelaskan bahwa asuransi ternak disubsidi oleh pemerintah sebesar 80%, sehingga dari premi sebesar Rp. 200.000/ekor, peternak hanya kebebanan sebesar Rp. 40.000/ekor. Claim asuransi meliputi mati, potong paksa dan kehilangan.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *