Dalam Konferensi FAO, Mentan Tegaskan Komitmen Ketahanan Pangan Indonesia

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan komitmen pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian dalam menjaga ketahanan pangan nasional khususnya menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu, sektor pertanian juga sangat berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan serta meningkatkan pendapatan untuk keluarga petani.

Selain itu, sektor pertanian di Indonesia saat ini cukup signifikan yang terlihat dari kontribusinya terhadap total PDB mencapai 14% dan menyediakan lapangan kerja bagi hampir separuh total penduduk.

Sehingga untuk menjaga ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat di era normal baru, saat ini Kementan tengah mengembangkan beberapa kebijakan diantaranya meningkatkan kapasitas produksi, mengembangkan diversifikasi pangan lokal, memperkuat cadangan pangan dan sistem logistik serta melakukan pengembangan pertanian modern.

Kementerian Pertanian baru saja meluncurkan Rencana Pembangunan Strategis (RENSTRA) lima tahun untuk periode 2020-2024 yang bertujuan mewujudkan sektor pertanian yang maju, mandiri, dan modern melalui penguatan ketahanan pangan dan daya saing produk pertanian.

Selain itu, sektor pertanian Indonesia pada kuartal II mengalami peningkatan pertumbuhan PDB sekitar 2,19% dibandingkan tahun sebelumnya (yoy).

======================
Follow @biroren_kementan dan dapatkan info menarik seputar Kementerian Pertanian di sini!

Untuk informasi lebih lanjut, langsung saja buka website ini:
http://perencanaan.setjen.pertanian.go.id
======================

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *