Penerimaan Sampel Daging Beku Sapi dan Ayam

“Penerimaan sampel daging beku sapi dan ayam di Laboratoroum Veteriner UPTD RSHLV Disnakwan Provinsi NTB”

Hallo Sahabat Ternak

Tim Laboratorium Veteriner UPTD Balai Rumah Sakit Hewan dan Labaratorium Veteriner Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi NTB, yang dipimpin drh. Muslih, menerima sebanyak 8 sampel dari CV. 88 merupakan salah satu distributor yang berlokasi di Bertais, Kota Mataram. Ke 8 sampel tersebut, akan diperiksa kandungan cemaran mikroba dan hygine sanitasi produk hewan.

Masih menurut drh. Muslih, penerimaan sampel dari CV. 88 tersebut, dilakukan dengan menerapkan protokol Covid 19, dimana customer harus menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk, box sampel disemprot dg desinfektan, petugas penerima menggunakan masker, handglove dan setelah selesai harus mendesinfektan tempat penerimaan sampel. Kemudian sampel disimpan ke dalam ruang penyimpanan sampel dalam boxfreezer dengan suhu yang terpantau, sambil menunggu proses persiapan pengujian yaitu pembuatan media. Terlebih dahulu sampel tersebut diberikan kode laboratorium dan registrasi, tegas Kepala UPTD RSHLV.

Pemeriksaan sampel daging beku yang dikirim oleh CV. 88 tersebut, akan dikerjakan dengan menggunakan 2 pengujian yaitu untuk cemaran mikroba menggunakan Pengujian Total Plate Count (TPC) dan hygine sanitasi produk menggunakan Pengujian Escherichia coli dan Coliform. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari CV. 88 setiap 3 bulan sekali sebagai persyaratan dari Dinas Pertanian Kota Mataram melalui Bidang Peternakan untuk monitoring status kesehatan daging beku di distributor. Pemeriksaan sampel diperkirakan akan rampung dalam 7 hari kerja, dan Laporan Hasil Ujinya akan diserahkan pada pihak CV. 88 demikian pungkas Drh. Muslih sebagai komandan di UPTD RSHLV.

#NTBSejahteradanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *