Peternak Dihimbau Ikut Asuransi Ternak

Tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat (PPHNak) didampingi tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dan petugas dari UPT telah melakukan monitoring kegiatan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) ke Kelompok Ternak Pade Angen di Dusun Anjani Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur.

Kelompok ternak yang diketuai oleh Abdurrahman ini beranggotakan 21 orang dengan kepemilikan ternak sapi sebanyak 104 ekor. Sejak AUTS/K dicanangkan pemerintah tahun 2019, kelompok Pade Angen telah mengasuransikan 45 ekor ternaknya berupa sapi.

Manfaat dari AUTS/K, tentu saja untuk melindungi peternak dari berbagai kasus, seperti; ternak hilang, ternak mati karena suatu penyakit. Semua akan diganti oleh asuransi senilai harga ternak tersebut. Jadi, peternak atau kelompok ternak tidak akan rugi kalau suatu waktu ternaknya mengalami musibah. Untuk itu, melalui monitoring ini, tim dari PPHNak mengharapkan kepada peternak dan kelompok ternak untuk mengikuti program asuransi tersebut.
Karena khusus peternak di Kabupaten Lombok Timur, pemerintah memberikan subsidi dengan rincian; pemerintah pusat 80 persen dan 20 persen pemerintah daerah (APBD II).

Kelompok ternak Pade Angen tergolong sukses dalam menggerakkan anggotanya. Hal ini terbukti dengan kondisi ternak yang rata-rata sehat dan memiliki bobot maksimal. Pakan berupa rumput, jagung, tebu dan batang pisang semua ditanam oleh anggota di lahan masing-masing. Sehingga nutrisi bagi ternak selalu terpenuhi. Ditunjang lagi, petugas kesehatan hewan yang rutin memberikan vaksi dan obat-obatan pada ternak mereka.

Selain itu, kotoran ternak sapi pun tidak dibuang percuma. Para peternak memanfaatkan sebagai pupuk kandang. Sehingga anggota kelompok yang memiliki lahan bisa menggunakan pupuk kandang tersebut di sawah mereka. Dan sebagian lagi dijual ke masyarakat sekitar. Namun sejauh ini, belum ada yang dimanfaatkan sebagai biogas.

Pada tahun 2017 kelompok Pade Angen telah mendapat bantuan kendaraan Roda 3 dari Program UPSUS SIWAB yang bersumber dari dana APBN Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Temggara Barat. Keberadaan kendaraan roda 3 tersebut banyak membantu peternak untuk berbagai kebutuhan diantaranya untuk mengangkut pakan ternak dan berbagai kebutuhannya lainnya.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *