Mengapa Ayam Perlu di Vaksin?

Mengapa Ayam Perlu Divaksin?

Ternak unggas terutama ayam merupakan ternak yang rentan terhadap penyakit yang berasal dari virus. Hal ini yang mendasari mengapa ayam perlu divaksin secara tepat. Salah satu penyakit yang berasal dari virus dan sering terjadi pada ayam adalah penyakit Tetelo atau ND.

Ayam yang terserang penyakit Tetelo menunjukkan gejala antara lain nafsu makan hilang tetapi nafsu minum bertambah, lesu, nafas mengorok, bersin dan batuk, gangguan syaraf, otot-otot gemetar, berputar-putar, kepala dan sayap terkulai ke bawah dan diikuti kelumpuhan, jengger dan jawer berwarna kebiru-biruan.

Penyakit ini disebabkan virus, sangat ganas dan menular. Belum ada obat yang ampuh untuk penyakit ini, sehingga tindakan yang dilakukan adalah pencegahan berupa vaksin secara teratur. Vaksin dapat diberikan melalui tetes mata atau air minum.

Pemberian vaksin dapat dilakukan sendiri oleh peternak atau dengan bantuan penyuluh pertanian setempat. Untuk mendapatkan vaksin, hubungi petugas Resor Peternakan atau poskeswan setempat, Dinas Peternakan, atau langsung datangi toko obat ternak. (Puslitbangtan)

#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBGemilang
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *