Tips Memilih Day Old Duck (DOD) Bibit Itik

Hallo sobaTernak..

Sudah tahu belum ya tips untuk memilih DOD bibit itik?supaya kita mendapatkan bibit itik yang berkualitas.
Cara mudah untuk mendapatkan DOD bibit itik yang berkualitas adalah dengan membeli itik dari pembibit yang sudah memenuhi kesesuaian Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Lembaga Sertifikasi Produk Benih dan Bibit Ternak. Namun apabila kita tidak dapat membeli dari pembibit bersertifikat SNI, kita bisa menerapkan beberapa tips supaya kita bisa mendapatkan bibit itik berkualitas diantaranya:
1. Pastikan dari pembibit yang terpercaya (informasi ini bisa diperoleh dengan aktif bertanya kepada komunitas peternak itik, pedagang ternak,pakan,obat ternak dll, tentang pembibit yang memiliki reputasi dan pelayanan bagus)
2. Memiliki ciri-ciri fisik sesuai standar rumpun/bangsa (Sebagai contoh standar Itik Alabio diantaranya warna paruh dan kaki kuning, garis hitam horizontal mirip alis melintas mata, standar itik Mojosari diantaranya warna paruh dan kaki hitam, dll)
3. Sehat, lincah dan aktif
4. Mata bersinar
5. Bulu cerah tidak kusam
6. Tidak ada kelainan bentuk, tidak ada cacat fisik dan kaki normal
7. Tidak dehidrasi (DOD yang dehidrasi terlihat pada tampilan kaki dan paruhnya yang kering, kisut dan bulunya yang kering dan berdebu dan terlihat itiknya lemah, tidak lincah
8. Sekitar pusar dan dubur kering tertutup.
Demikian yang bisa kami bagikan sebagai tips dalam memilih bibit itik, semoga bermanfaat. Pengalaman merupakan guru yang terbaik, apabila kita sering bergaul dengan ternak, kemampuan kita semakin terasah dalam memilih bibit yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *