Surveillans Produk Pangan Asal Hewandi Kabupaten Lombok Utara

Haloo SobaTernak…

Jumat 28 Agustus 2020, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB melalui Kasi Pengawasan Keamanan Produk Hewan Bidang Kesmavet bersama Kepala Balai Rumah Sakit Hewan Laboratorium dan Laboratorium Veteriner melaksanakan pembinaan dan surveillans keamanan produk pangan asal hewan di Kabupaten Lombok Utara.

Kegiatan surveillans dilakukan dengan mengambil contoh (sampling acak) produk pangan asal hewan berupa telur ayam segar, olahan telur ayam, daging ayam segar dan daging sapi segar dari pedagang yang berada di pasar umum Pemenang dan Pasar Umum Tanjung. Sampel produk pangan asal hewan tersebut selanjutnya akan diperiksa di Laboratorium Veteriner Banyumulek untuk mengetahui tingkat keamanan produk hewan tersebut jika dikonsumsi. Tingkat keamanan produk pangan asal hewan ditentukan oleh derajat cemaran mikroba seperti bakteri khususnya bakteri Escerechia colli yang bisa bersifat patogen yaitu menimbulkan penyakit pada manusia yang mengkonsumsi produk pangan asal hewan yang tidak higienis. Beberapa bakteri lain seperti Salmonella juga bisa menyebabkan penyakit saluran pencernaan yang dikenal sebagai penyakit typhus.

Kondisi los penjualan daging di Pasar Pemenang maupun Pasar Tanjung masih perlu dibenahi, khusus nya daging sapi yang dijajakan dengan ditaruh di atas meja, daging lebih baik dijual dengan cara digantung untuk menghindari kontak dengan permukaan benda yang memungkinkan terjadinya pencemaran bakteri dan miroba lainnya.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *