Pengawasan Pemotongan Betina Produktif


Hallo SobaTernak…
Jum’at 28 Agustus 2020, Tim Pengawasan Pemotongan Betina Produktif Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB bersama Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lombok Timur didampingi petugas Babinkamtibmas melakukan sidak ke beberapa RPH dan Pasar di Kabupaten Lombok Timur.

Dari Hasil pantauan dan informasi tim di RPH, Aikmel, RPH Swasta Ilham Wanasaba Lauk dan RPH Masbagik rata-rata pemotongan 4-14 ekor. Meskipun tidak dijumpai pemotongan betina, namun proses pengelolaan daging masih belum memperhatikan aspek higienis sanitasi yang diharapkan. Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan ke pasar Masbagik didapati penjualan daging beku tidak memenuhi persyaratan sebagai daging beku (rantai dingin) justru d campur dgn daging segar.

Adapun beberapa solusi untuk permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah sebagai berikut :
1. Untuk petugas pengawas Kesmavet Lombok Timur untuk scara terus menerus melakukan pembinaan terhdap pelaku usaha terkait bahaya penyakit yang dtimbulkan akibat cemaran daging.
2.Segera bersurat ke Provinsi terkait kecemasan para pedagang daging di Lombok Timur akibat maraknya peredaran daging beku dari pengusaha Kota Mataram
3.Identifikasi dan fasilitasi untuk RPH swasta ilham agar dapat di jadikan RPH swasta contoh dalam pengelolaan RPH yang asuh dan pengolahan produk pangan asal hewan.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *