Sosialisasi Nomor Kontrol Veteriner di Kabupaten Sumbawa

Hallo SobaTernak

Jum’at 24 Juli 2020,Bidang Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB melalui Kasi Pengawasan Higienis Sanitasi dan RPH bersama Auditor NKV melaksanakan Sosialisasi Nomor Kontrol Veteriner di Kabupaten Sumbawa. Menurut drh. Dwi iswanto, kegiatan diawali dengan diskusi di Bidang Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, bersama Kepala Bidang Keswan (Drh. Edi Putra Dharma, Kasi Kesmavet (Drh. Dewi Anggraeny) dan Kasubbag Program (Drh. Rini Indriani). Dalam diskusi dibicarakan tentang lalu lintas produk pangan asal hewan, pengawasan keamanan produk hewan, perkembangan unit usaha produk hewan serta menyamakan persepsi tentang implementasi Peraturan Menteri Pertanian No.11 Tahun 2020 sebagai penyempurnaan dari Permentan No. 381 tahun 2005 tentang Pedoman Penerbitan Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner.

Selanjutnya rombongan menuju Unit Usaha Produk Hewan yang berada di Sumbawa Besar untuk melakukan kegiatan Sosialisasi Nomor Kontrol Veteriner. Sosialisasi dan pembinaan lapangan pertama dilakukan di UD. Swami, yang beralamat di Jalan Garuda, Lempeh, Sumbawa Besar. Unit usaha produk hewan pada UD. Swami terdiri dari Rumah Pemotongan Ayam dan Gudang Berpendingin (Cool Sotorage). Pemotongan ayam rata-rata 300-500 ekor per hari, dengan didukung 5 orang karyawan. Kondisi rumah pemotongan ayam masih perlu dilengkapi untuk bisa meenerapkan prinsip higienis-sanitasi, biosekuriti dan kesejahteraan hewan. Terutama dengan belum ada pemisahan yang tegas antara kandang penampungan ayam sementara dengan ruang pemotongan dan antara ruang pengeluaran jerohan (ruang kotor) dengan ruang pengemasan/pembekuan produk siap jual (ruang bersih). Rumah pemotongan ayam telah dilengkapi dengan Fasilitas ruang pembekuan cepat (blast freezer) dan ruang simpan/gudang berpendingin (cool storage). Ruang pembekuan cepat belum difungsikan secara optimal, karena lebih banyak produk ayam yang dijual segar. Pada cool storage disimpan karkas ayam yang dipotong sendiri maupun ayam beku yang didatangakan dari luar daerah.

Kemudian, rombongan melakukan sosialisasi dan pembinaan lapangan di CV. Agung Raya Lestari, yang beralamat di Jalan Manggis, Uma Sima, Sumbawa Besar, dengan jenis usaha produk hewan gudang berpendingin (cool storage). Produk hewan yang diperdagangkan adalah ayam beku yang berasal dari Jawa Timur. Kondisi cool storage cukup baik dan menjadi satu komplek pergudangan dengan produk lain seperti es krim, makanan ringan dan minuman kemasan. Kondisi kantor dan ruang pertemuan cukup baik. Yang harus dipersiapkan dalam rangka sertifikasi NKV pada perusahaan ini adalah penyusunan standar operasioanal prosedur (SOP) tata kerja, konsistensi pelaksanaan SOP yang nantinya disusun serta keberadaan Dokter Hewan sebagai penanggung jawab Unit Usaha Produk Hewan yang akan mengawasi operasional sehari-hari cool storage tersebut.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *