Koordinasi Pengawasan Kurban 1441 H/2020 di Kabupaten Sumbawa

Dalam Rangka Pengawasan Kegiatan Kurban Tahun 1441 H/2020 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB yang diwakili oleh Bidang Kesmavet melalui Kasi Kesrawan dan Zoonosis dan Kasi Pengawasan Higienis Sanitasi dan RPH beserta UPTD BRSHLV yang diwakili Kasi Laboratorium Veteriner melakukan koordinasi dengan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa.

Menurut Daldiri SPt, M.Si koordinasi tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menyamakan persepsi dalam pengawasan kegiatan kurban di masa pandemi Covid-19 sampai tingkat kabupaten/kota serta mengkoordinasikan kegiatan pengawasan hewan kurban dan pelaporannya.

Selanjutnya dari diskusi yang berlangsung, dapat dinformasikan beberapa hal di antaranya :
1. Hewan kurban di Kabupaten Sumbawa tidak dipasarkan dengan sistem lapak di pinggir jalan, tetapi di kandang-kandang pedagang ternak. Selain itu hewan kurban juga ditampung di kandang penampungan yang disiapkan oleh lembaga sosial keagamaan masyarakat.
2. Pemeriksaan hewan kurban di fasilitas pemotongan (RPHR, masjid, intansi, dll) dilakukan sebelum hewan dipotong (ante mortem) dan setelah hewan dipotong (post mortem).
3. Tim pengawasan hewan kurban kabupaten juga melaksanakan sosialisasi pelaksanaan kegiatan kurban di masa pandemi Covid-19 tentang penerapan protokol kesehatan yang mencakup jaga jarak fisik, higiene personal, screening dan penerapan higienis sanitasi
4. Pelaporan hasil pengawasan hewan kurban di tempat pejualan dan fasilitas pemotongan tahun 1441 H/2020 disampaikan melalui aplikasi berbasis web yang telah disiapkan Direktorat Kesmavet dan merupakan bagian dari iSikhnas sehingga diharapkan data lebih akurat dan tepat waktu (real time).

Pada kesempatan tersebut, Pak Dal demikian akrab disapa, menyerahkan bantuan 3 jenis poster Infografis yang berisi : Protokol Kesehatan di Tempat Penjualan Hewan Kurban, Protokol Kesehatan di Fasilitas Pemotongan Hewan Kurban dan Panduan pemilihan hewan kurban sampai dengan distribusi daging kurban.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *