Sosialisasi Kegiatan Pengawasan Hewan Kurban 1441 H

Pelayanan Informasi Publik oleh Kasi Pengawasan Higienis Sanitasi dan RPH tentang Pelaksanaan Kegiatan Pengawasan Hewan Kurban Tahun 2020, telah diberikan kepada wartawan TVRI NTB pada hari Senin, tanggal 13 Juli 2020 di Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet). Sosialisasi Kegiatan pengawasan Hewan Kurban, berpedoman pada Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Nomor 0008/SE/PK.320/F06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam situasi Wabah bencana Nonalam Coronavirus Desease (Covid 19).

Masih menurut Kasi Pengawasan Higienis Sanitasi dan RPH, materi Sosilaisasi disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk tiga buah poster infografis yaitu : 3 langkah berkurban, 4 cara penyelenggaraan kegiatan jual beli di tempat penjualan hewan kurban saat Covid-19 dan 4 langkah panduan pelaksanaan kegiatan kurban di fasilitas pemotongan saat Covid-19. Poster 3 langkah berkurban berisi tentang bagaimana memilih hewan kurban, tata cara penyembelihan hewan kurban dan cara penanganan daging kurban. Sedangkan poster panduan penjualan dan pemotongan hewan kurban pada saat covid-19 berisi 4 hal pokok yaitu, jaga jarak fisik, penerapan higiene personal, pemeriksaan kesehatan awal dan penerapan higiene sanitasi.

Selanjutnya disampaikan bahwa poster infografis disosialisasikan oleh Tim Pengawasan Hewan Kurban dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Mataram pada saat melakukan pengawasan di tempat penjualan hewan kurban maupun tempat pemotongan hewan kurban di wilayah Mataram dan sekitarnya. Sedangkan untuk kabupaten/kota lain disosialisasikan melalui dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan masing-masing kabupaten/kota bekerja sama dengan stake holder yang lain seperti Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, Dinas Kesehatan dan pemerintah daerah.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *