Sembawa Jadi Penyangga Pangan Nasional

Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), yaitu Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Sembawa telah menginisiasi penumbuhan pembibitan di wilayah penyebaran, baik di UPTD maupun di Kelompok Peternak.

Melalui kegiatan distribusi bibit ternak unggul dan alih teknologi ini, diharapkan replikasi pembibit skala menengah dan kecil dalam rangka mendukung pencapaian swasembada protein hewani dapat segera terwujudkan.

Dirjen PKH Kementan RI, I Ketut Diarmita mengatakan produk BPTU-HPT Sembawa ini telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, baik sapi potong dan unggas lokal yang bermutu unggul. Penyebarannya antara lain ke Provinsi Kalimantan tengah dan Kalimantan Timur yang dilaksanakan sampai bulan Desember 2019.

“Distribusi bibit unggul unggas lokal ke Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur ini sekaligus mendukung pengembangan kawasan penyangga pangan ibu kota negara yang rencananya akan dipindahkan ke Kalimantan Timur,” ujar Ketut.

Ketut menjelaskan, dalam mendukung kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini, BPTU-HPT Sembawa membangun sinergitas yang kuat dengan dinas yang membidangi fungsi peternakan tingkat provinsi dan tingkat kabupaten.

Informasi selengkapnya kunjungi www.poultryindonesia.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *