Pemotongan Hewan Qurban di Masjid Al Ikhlas Mastoeno Mavilla Rengganis Desa Bajur, Kecamatan Labuapi Lombok Barat

Hallo SobaTernak

Pada hari raya qurban 1441 Hijriah/ tanggal 31 Juli 2020 Panitia Hari Besar Agama Islam (PHBI) Masjid Al Ikhlas Mastoena Mavilla Rengganis seperti disampaikan oleh sekretaris PHBI bapak Mashudi, S.Pd, berhasil mengumpulkan hewan qurban sebanyak 10 ekor terdiri dari sapi sebanyak 6 ekor dan kambing 4 ekor. Untuk ternak sapi 5 ekor berasal dari warga mavilla rengganis dan 1 ekor sapi disumbangkan dari panitia Islamic Center sedangkan 4 ekor kambing berasal dari warga mavilla rengganis.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Post Mortem dari 10 ekor ternak yang dipotong ditemukan 1 ekor sapi yang hatinya terdapat cacing hati, sehingga oleh panitia yang diketuai oleh H. Rahman Hakim, SH, hati sapi tersebut agar tidak dikonsumsi dan dimusnakan.

Pembagian hewan qurban selain di peruntukan bagi warga mavilla juga di distribusikan di kampung disekitar mavilla seperti dusun kuranji dalang dan sebagaian didistribusikan di beberapa yayasan/panti asuhan.

Menariknya, pembagian daging hewan qurban di BTN Mavilla Rengganis ini adalah penggunaan Besek sebagai pembungkus daging. Hal ini menurut H. Rahman Hakim, SH, dilakukan untuk meminimalisasi penggunaan plastik. Selain itu, pembagian hewan qurban juga dilakukan dengan mengikuti protokol covid yaitu menghindari berkumpulnya warga, maka panitia tahun ini tidak menyediakan kupon tetapi daging qurban langsung didistribusikan ke rumah warga oleh ketua ketua RT.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *