Pembinaan pengembangan pemasaran hasil Peternakan di Kabupaten Dompu

Perkembangan sub sektor peternakan di Kabupaten Dompu sangat menjanjikan, hal ini terlihat dari intervensi pemerintah terhadap semua program peternakan yang ada di Dompu. Salah satu kegiatan yang akan mendorong usaha peternakan adalah kucuran kredit KUR untuk tahun 2020 sebanyak 400 milyar untuk diperuntukan kepada peternak yang ada di Dompu.

Menurut kepala Dinas Peternakan Dompu Ir. Zainal Arifin, M. Si perkembangan sub sektor peternakan untuk Kabupaten Dompu sangat menjanjikan baik sektor hulu maupun hilir. Untuk sektor hulu pembudidayaan ternak semakin menggeliat , ini dibuktikan dengan banyaknya permohonan dana KUR untuk memelihara ternak sapi. Sedangkan untuk sektor hilir perkembangan industri rumahan seperti daging bakso, cilok, dendeng, abon, telur asin dan susu kuda liar juga ikut menggeliat.

Masih menurut Kepala Dinas, untuk kegiatan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner di Kabupaten Dompu tetap dilaksanakan Vaksinasi Rabies, Vaksinasi Antraks (keta) dan SE (tagere) hal ini dilakukan untuk menjamin dan melindungi masyarakat terhadap dampak akibat penyakit ternak. Sementara untuk kegiatan pemasaran hasil peternakan Kabupaten Dompu khusus untuk ternak hidup sebagian besar dikirim ke Pulau Lombok dan Provinsi lain seperti, DKI, Jawa Barat dan Kalimantan sedangkan untuk produk olahan peternakan hanya untuk konsumsi dalam daerah.

Dalam kunjungan pembinaan ini juga kepala seksi pemasaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB didamping oleh Kepala Dinas Peternakan Dompu beserta kepala seksi Pengolahan hasil peternakan Dinas Peternakan kabupaten Dompu berkesempatan mengunjungi sentra usaha penggolahan Daging bakso dan cilok yakni Kelompok Tani Maju Bersama di Desa Nusa Jaya Kecamatan Manggelewa dengan ketua Ibu Leman dengan rata rata pemotongan ternak sapi sebanyak 3 (tiga) ekor/hari untuk kebutuhan lokal di sekitar kecamatan Manggelewa dan kecamatan Pajo kabupaten Dompu, namun sebelum ke kelompok tani maju bersama tim juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke kelompok usaha dendeng di kelurahan simpasai kecamatan Woja.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *