Menjaga Kualitas Litter Untuk Produktivitas Yang Maksimal

Dalam budidaya unggas, terdapat berbagai aspek agar mendapatkan hasil maksimal untuk produktivitas unggas yaitu bibit unggas, pakan yang berkualitas dan manajemen pemeliharaan yang baik. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan agar unggas merasa nyaman dan menghasilkan produksi yang maksimal. Diantaranya manajemen litter atau alas kandang, hal kecil yang sering terabaikan namun sangat mendukung manajemen pemeliharaan yang baik karena berhubungan dengan suhu, kelembapan, dan kadar amoniak dalam kandang.

Litter biasa digunakan pada kandang tipe postal yang umumnya untuk memelihara ayam pedaging (broiler). Tujuan dari penggunaan litter yakni membantu menghangatkan ayam saat masih kecil (DOC) dengan membatasi kontak langsung antara ayam dan lantai kandang, serta menyerap air dari kotoran maupun air minum yang tumpah.

Penggunaan berbagai jenis litter dapat menjadi pilihan para peternak di kandang. Jenis litter yang biasa digunakan antara lain jerami padi, serbuk gergaji, kulit kacang dan yang paling umum digunakan yaitu sekam padi. Syarat kualitas litter yang baik di antaranya mampu menyerap air, ringan (low density), murah, aman (tidak beracun), mudah didapat, dan selalu tersedia. Peternak yang sudah memutuskan untuk menggunakan salah satu jenis litter, harus juga memperhatikan aspek kualitasnya dan menjaga agar litter selalu kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *