Dari Kunjungan ke Peternak itik Desa Batu Tulis Lombok Tengah

Hallo SabaTernak

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB melalui Bidang PPHNak berkunjung ke salah satu peternak itik di Desa Batu Tulis Kabupaten Lombok Tengah. Kunjungan kali ini dilakukan guna mencari sumber bahan baku telur asin yang selama ini dikeluhkan oleh usaha pengolahan dan konsumen karena sudah langka ditemukan di pasar.

Bapak Lalu Suhaeli adalah seorang peternak itik yang mulai beternak tahun 2017, menuturkan, awal beternak beliau menggunakan modal pribadi, namun setelah banyak peternak lain yang berminat akhirnya mendapat pinjaman KUR. Fasilitas yang diperoleh dari KUR digunakan untuk membantu peternak di desa lain, masing-masing peternak mendapatkan bantuan sebanyak 50 ekor DOD. Bantuan ini diharapkan dapat memperkuat jejaring kemitraan inti plasma untuk mendapatkan bahan baku telur itik yang akan ditetaskan pada mesin penetasan yg dimilikinya, terang Lalu Suhaeli.

Jumlah mesin tetas yang dimiliki Bapak Suhaili sampai dengan saat ini bertambah menjadi 20 unit dari 1 unit pada awal mula beternak. Pada saat kunjungan tim PPHNak, mesin yang beroperasi hanya 6 unit dengan kapasitas 250 butir dengan daya tetas yang rendah akibat telur yang digunakan berasal dari indukan yang baru mulai bertelur 2 bulan. Lalu Suhaeli sangat bersyukur masih dapat bertahan sampai saat ini karena sebelum corona hampir 2.000 ekor itik umur 7 sd 10 hari mati mendadak terkena Penyakit mata biru. Usahanya mulai bangkit saat ini dengan memiliki 200 ekor indukan itik yg baru mulai bertelur shg mesin tetas berdenyut kembali, terangnya.

Dalam akhir pertemuan Bapak Lalu Suhaeli menyampaikan agar dapat mengisi semua kapasitas mesin tetasnya yang tersisa, yang selama ini masih kosong atau tidak beroperasi selama masa pandemi, harapnya.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *