Waspada PPR!

Penyakit PPR ini agak-agak mirip dengan penyakit Rinderpest (Penyakit yang satu ini sudah berhasil diberantas dari seluruh dunia loh). Dengan kemiripan tersebut, maka banyak ahli percaya bahwa PPR merupakan penyakit hewan selanjutnya yang dapat diberantas di dunia, dengan menggunakan pendekatan teknis atau strategi yang sama dengan pemberantasan Rinderpest. Wow keren kan!

Sebagai langkah awal, PPR Global Control and Eradication Strategy telah didukung oleh 70 negara pada pertemuan di Pantai Gading tahun 2015. Hal ini kemudian disahkan juga oleh Sidang Umum (General Assembly) Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE), tepatnya yang ke – 84 pada tahun 2016.

Di kawasan regional Asia Tenggara sendiri (ASEAN) sudah ada kesepakatan untuk ikut berpartisipasi dalam implementasi langkah pemberantasan PPR dan mengadopsi PPR Global Control and Eradication Strategy. Pada saat ini Indonesia dan Thailand sedang menyiapkan rancangan rencana aksi pengendalian dan pemberantasan PPR di regional ASEAN.

#KawanKeswan dapat berpartisipasi juga loh… Caranya tetap waspada terhadap kemungkinan masuknya atau adanya kejadian PPR di ternak sekitar kita, dan laporkan apabila ada kecurigaan kejadian PPR di wilayah masing-masing.

Tanda klinis PPR nya seperti apa? Kita simak di seri selanjutnya yah!

#waspadaPPR
#Pestedespetitsruminants
#PPR
#KesehatanHewan
#Keswan
#Ditkeswan
#DitjenPKH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *