Seminar Nasional dengan Tema “Pengembangan Sustainable Agrofood untuk Mewujudkan SDGs”

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Muhamad Riadi, SP, M.Ec.Dev menghadiri sekaligus mewakili Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Pengembangan Sustainable Agro food untuk Mewujudkan SDGs” yang dilaksanakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram yang bertempat di Aula Rektorat Universitas Muhammadiyah Mataram, Sabtu 8 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur NTB menyampaikan bahwa seminar nasional yang bertemakan pengembangan sustainable Agro food untuk mewujudkan SDGs ini merupakan tema yang relevan untuk dibahas dan dikaji lebih dalam, mengingat peran krusial sektor pertanian dalam pembangunan berkelanjutan dan pencapaian sustainable development goals (SDGs).

SDGs adalah komitmen global untuk mencapai kesejahteraan dan berkelanjutan bagi seluruh umat manusia. Sektor agrofood memegang peranan penting dalam mewujudkan beberapa tujuan SDGs seperti pengentasan kemiskinan, penghapusan kelaparan, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan.

Disatu sisi, dunia saat ini tengah menghadapi berbagai tantangan besar dalam sektor pertanian dan pangan, dimana untuk mengatasi tantangan tersebut perlu mengembangkan sistem pangan yang berkelanjutan atau yang kita kenal dengan istilah sustainable agrofood dimana pengembangan ini mencakup berbagai aspek penting, diantaranya (1) Pertanian berkelanjutan, (2) Keamanan pangan, (3) Ketahanan pangan, (4) Peningkatan kesejahteraan petani, (5) Pengurangan limbah pangan, dan (6) Perlindungan keanekaragaman hayati.

Diakhir sambutan Penjabat Gubernur NTB berharap hasil dari seminar ini dapat diaplikasikan untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan pertanian yang berkelanjutan fi Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *