RAKERNAS PEMBANGUNAN PERTANIAN TAHUN 2019

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Ir. Hj. Budi Septiani menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pertanian TA 2019 yang dibuka oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman guna membahas peningkatan SDM pertanian dalam mendorong ekspor pangan. Ada pun Rakernas Pembangunan Pertanian 2019 mengangkat tema “Mendongkrak Daya Saing Sumberdaya Manusia Pertanian untuk Peningkatan Eskpor Pangan dan Pertanian”.

Rakernas turut dihadiri antara lain oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Ketua Komisi IV DPR ROI Edhy Prabowo dan Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar.

Dalam sambutan pembukanya, Menteri Pertanian memaparkan capaian kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam empat tahun terakhir periode 2014-2018, salah satunya peningkatan ekspor pertanian yang tumbuh sebesar 29,7 persen.

Selain ekspor, Menteri Pertanian juga mengungkapkan bahwa inflasi pangan menurun sebesar 88,1 persen selama 2014-2017 dari 10,57 persen menjadi 1,26 persen.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian mengungkapkan sektor pertanian memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Pertama ayam, dengan membagikan 200 ekor di setiap perkampungan. Selain itu Bapak Menteri juga mendorong produksi daging sapi dengan program SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting). Sapi tersebut dikembangbiakkan dengan indukan dari Belgian Blue sehingga akan memiliki bobot hingga 2 ton.
Hotel Bidakara Jakarta (14/1/2019).