Pertemuan Evaluasi UPSUS SIWAB Tahun 2019

Kepala Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Ir. Hj. Budi Septiani menghadiri Rapat Evaluasi UPSUS SIWAB tahun 2019 Provinsi Jawa Timur di Surabaya Kamis (10/10/2019).

UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) merupakan gerakan nasional sebagai kelanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya guna lebih mendorong pertumbuhan sapi dan kerbau yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting. UPSUS SIWAB akan memaksimalkan potensi sapi indukan di dalam negeri untuk dapat terus menghasilkan pedet (anak sapi) dalam rangka menambah populasi ternak nasional.

Pada kesempatan ini Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan bahwa sapi Indonesia menurut BPS mengalami peningkatan hampir 5 juta ekor sapi dalam periode tahun 2014-2019. Peningkatan populasi sapi yang ada saat ini diungkapkannya tidak lepas dari penggunakan teknologi inseminasi buatan (IB) secara masif, yaitu dengan sistem perkawinan pada ternak sapi secara buatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *