Pengendalian Populasi Hewan Penular Rabies (HPR) Liar Salah Satu Kunci Utama Pengendalian Rabies

Pengendalian populasi Hewan Penular Rabies (HPR) liar merupakan salah satu kunci utama dalam pengendalian rabies. Pengendalian populasi HPR dapat dilakukan dengan sterilisasi, eliminasi, pembuatan shelter/rumah singgah, dan manajemen/pengelolaan sampah.

Selain mengendalikan populasi HPR, mencegah rabies dapat dilakukan dengan vaksinasi, menjadi pemilik hewan yang bertanggungjawab, dan menghindari gigitan HPR seperti dengan pemagaran sekitar rumah, alat penghalau, atau menggunakan bantuan hewan lain. Vaksinasi cukup efektif dalam mencegah rabies namun salah satunya tergantung cakupan vaksinasi yang dapat dijangkau dalam wilayah tersebut.

Eliminasi juga dapat dilakukan untuk menekan populasi saat terjadi ledakan populasi HPR/jumlah gigitan dalam tingkat yang telah mengkhawatirkan dan perlu dilakukan tindakan kombinasi lainnya untuk mengurangi kasus gigitan Rabies, tentunya diperhitungkan dengan pertimbangan ekonomisnya.

Keselamatan manusia/petugas juga harus lebih diutamakan dalam menangani HPR. Pemerintah bersama masyarakat saling bekerjasama mewujudkan BEBAS RABIES dengan berbagai cara. ELIMINASI dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

(Ditjen PKH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *