Melihat dari Dekat Pemasukan Ternak Sapi Potong dari Pulau Sumbawa di Balai Karantina Pertanian Pelabuhan Kayangan Kabupaten Lombok Timur

Hallo SobaTernak
Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan kunjungan ke Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram di Pelabuhan Kayangan Kabupaten Lombok Timur dan bertemu dengan Drh. Hendra yang pada saat itu sedang bertugas menyatakan bahwa 30 menit lagi akan masuk 3 truk sapi potong dari Kabupaten Sumbawa Barat dan Tim diminta untuk menunggu.

Tepat pukul 14.00 wita masuk sebuah truk dan dilanjutkan dengan proses penyemprotan dengan desinfektan lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik jumlah sapi dan dokumen.

Masih menurut Drh. Hendra bahwa pemeriksaan juga dilakukan terhadap kondisi segel pada truk angkutan ternak terutama yang berasal dari Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa karena apabila segel truk sudah tidak utuh atau dirusak terindikasi bahwa ternak sapi ditukar ditengah jalan, dan untuk menghindari kondisi tersebut pihak Karantina bekerjasama dengan supir truk dengan membuat surat pernyataan bertanggung jawab terhadap muatan yang dibawa.

Dijelaskan juga bahwa Karantina sangat terbatas kewenangannya hanya sebagai cek point untuk tidak terjadinya penyebaran penyakit menular strategis terbatas pada sapi import, sapi bibit dan betina dalam peraturan.

Pada Badan Karantina tidak tercantum untuk sapi potong tetapi tetap membantu daerah untuk mengawal Peraturan Gubernur Tata Niaga Ternak Nomor 38 Tahun 2019 yang disesuaikan dengan batas kewenangan karantina tetapi terkait eksekusi terhadap bobot ternak potong yang diserahkan kepada stakeholder terkait karena sudah melalui proses stempel dan pemeriksaan holding ground daerah asal sehingga sudah dianggap final oleh pihak karantina.

Diakui oleh Karantina bahwa pengawasan saat ini sudah mulai baik karena komunikasi dan koordinasi semakin intensif dilakukan oleh pemangku kepentingan dari daerah asal atau pengirim maupun dari daerah penerima dengan petugas Karantina.

#NTBSejahteradanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *