Expose kegiatan Kemitraan Usaha Peternakan Kambing dan Wisata Alam

Hallo SobaTernak

18 Agustus 2020, Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Pakan menghadiri pertemuan Terkait Expose Prospek Kelestarian Hutan, Kemitraan Usaha Ternak Kambing dan Ekowisata di Areal Hutan Tanaman Industri oleh PT. Sadhana Arifnusa NTB di Ruang Rapat Bappeda Provinsi NTB.

Merintis produksi kayu-kayuan sebagai bahan bakar pengopenan tembakau, PT. Sadhana telah memulai penanaman HTI (Hutan Tanaman Industri )seluas 1.038 hektar diantaranya adalah tanaman HMT (Hijauan Makan Ternak ) seluas 489 hektar. Pemanfaatan lahan tersebut dikembangkan menjadi kawasan terintegrasi antara kehutanan, peternakan, pertanian, pariwisata, perindustrian dll, yang memiki prospek pemberdayaan masyarakat sekitar hutan khususnya, dan NTB secara umum. Tujuannya adalah membangun dan melestarikan hutan, membuka lapangan usaha, dan pemeliharaan lingkungan secara berkelanjutan. Kegiatan yang komplek membutuhkan peran bersama antara PT. Sadhana dengan pemerintah.

Dibidang peternakan dipandang cukup potensial khususnya pengembangan ternak ruminansia (kambing, sapi), dimana ketersediaan hijauan pada hutan tutupan sebagai sumber pakan, dan akhirnya usaha peternakan dapat dilakukan lebih efisen dan efektif. Dukungan yang diharapkan untuk ternak kambing dibutuhkan kandang meeting 24 unit, pejantan asli f3 kambing burka sebanyak 140 ekor, dan induk silangan tersedia oleh PT. ASA sebanyak 11.200 ekor, serta kandang kemitraan sebanyak 2.200 unit untuk pemberdayaan masyarakat dekitar, dan plasma seluruh wilayah NTB.

Terhadap hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB membutuhkan pola desain kerjasama dengan masyarakat. Dimana pada prinsipnya, Disnakkeswan/pemerintah dalam memenuhi fasilitas dan sarana tersebut harus difokuskan kepada masyarakat yang cukup berhak menerima bantuan. Memungkinkan dukungan tersebut apabila manfaatnya akan lebih besar kepada masyarakat. Adapun tindak lanjut terkait hal ini adalah persiapan kelembagaan masyarakat dan pola kerjasama dgn masyarakat, sehingga peran masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakt di NTB.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *