ASSISTEN 2 PIMPIN RAPAT GUNA MEMATANGKAN PENGEMBANGAN KAWASAN FOOD ESTATE LABANGKA

ASSISTEN 2 PIMPIN RAPAT GUNA MEMATANGKAN PENGEMBANGAN KAWASAN FOOD ESTATE LABANGKA


Senin, 5 April 2021

Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup Peternakan, pertanian dan perkebunan dengan melibatkan beberapa stakeholder terkait yang berada dalam satu kawasan lahan yang sangat luas. Syarat utama yang dibutuhkan untuk pengembangan food estate adalah memiliki lahan pertanian seluas 10.000 hektar.

Peluang NTB untuk mewujudkan pengembangan kawasan food estate di Labangka Kabupaten Sumbawa cukuplah besar. Selain kondisi existing, dukungan stakeholder baik kabupaten, provinsi maupun kementerian dalam hal ini Kementerian Pertanian RI cukuplah tinggi untuk menjadikan Provinsi NTB sebagi salah satu yang dicanangkan akan menjadi food estate terintegrasi guna menjaga ketersediaan pasokan pangan nasional.

Guna mempercepat memujudkan pembangunan food estate berbasis peternakan di Labangka, Pemprov NTB (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Bappeda Provinsi NTB, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, dan Dinas PUPR Provinsi NTB ) gencar melakukan pembahasan pelaksanaan program tersebut dengan melibatkan stakeholder terkait lainnya.

Rapat yang kali ini diselenggarakan di ruang rapat Asisten II tersebut dipimpin oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB Ir. H. Ridwan Syah, M.Sc, MM, M.Tp. Dalam arahannya, Asisten II menyampaikan diperlukan komitmen dan konsistensi serta sinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah guna mewujudkan food estate berbasis peternakan di Labangka.

Untuk mengetahui perkembangan terkini terkait dengan lokasi food estate labangka, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB pun akan segera melakukan monitoring ke Labangka dan berkoordinasi dengan stakeholder Kabupaten Sumbawa, pungkas drh. Khaerul Akbar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB.

https://www.instagram.com/p/CNTQE7phHpP/?igshid=123v2lai9uqar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *