Sosialisasi Penanganan dan Pengendalian PMK

Sosialisasi Penanganan dan Pengendalian PMK


Hallo SobaTernak. .

Sekretaris Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Provinsi NTB, I Nyoman Suartika, didampingi Kabid Budidaya, Sarana dan Prasarana Peternakan Suryadi Ali Katong, serta Subkoodinator Program M.Yani mengikuti Sosialisasi Penanganan dan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sosialisasi yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun Anggaran 2022 tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Kementerian Pertanian RI melalui Zoom Meeting, Jumat (29/07/2022).

Agenda kegiatan tersebut meliputi Sosialisasi Vaksinasi dan Pengobatan Ternak serta Sosialisasi Penandaan dan Pendataan Ternak.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan menjelaskan, Vaksinasi dan Pengobatan Ternak harus sesuai dengan Prosedur Operasional Standar Vaksinasi yang telah ditetapkan. Yakni, jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin inactive yang memiliki kesesuaian dengan serotipe virus PMK yang bersirkulasi di Indonesia berdasarkan hasil uji kesesuaian vaksin ( Vaccine Matching Test) serta telah mendapat rekomendasi dari Pejabat Otoritas Veteriner Nasional.

Sedangkan dalam hal Penandaan dan Pendataan Ternak dilakukan untuk mengetahui identitas hewan dan jumlah popupasi hewan yang telah divaksinasi. Selain itu, dalam jangka panjang aktivitas penandan ini juga bermanfaat mengetahui jumlah seluruh populasi hewan, status reproduksi, dan distribusi melalui penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kegiatan sosialisasi ini diikiuti oleh masing-masing perwakilan instansi terkait dari 23 Provinsi di seluruh Indonesia yang telah ditetapkan sebagai Daerah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

#NTBGemilang

#NTBSejahteraMandiri

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.