Sapi Bali Merupakan Salah Satu Plasma Nutfah Indonesia

Mari bersama kita mengenal Sapi Bali yang merupakan Sapi Unggulan di Indonesia. Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada dibawah Ditjen PKH, yakni Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Denpasar merupakan UPT yang secara khusus bertanggungjawab untuk melakukan pembibitan dan pengembangan Sapi Bali di Indonesia.

Sapi Bali merupakan salah satu Plasma Nutfah Indonesia yang ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pertanian Nomor 325/Kpts/OT.140/1/2010 tentang Penetapan Rumpun Sapi Bali.

Keunggulan yang dimiliki Sapi Bali berupa daya fertilitas yang tinggi, sehingga Sapi Bali cenderung lebih produktif dibandingkan dengan jenis sapi lainnya.

Adapun keunggulan lain dari Sapi Bali yakni berupa persentase Karkas yang dihasilkan menurut beberapa penelitian yakni berkisar antara 55-57% dan persentase lemak daging yang dihasilkan berkisar antara 2-6,9%.

Selain itu Sapi Bali juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini terlihat dari sebaran Sapi Bali di Indonesia yang luas.

Kemampuan adaptasi ini ditunjang oleh daya cerna terhadap pakan yang didapat cenderung baik. (Ditjen PKH)

#SapiBali
#PlasmaNutfah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *