Pemantauan Tempat Penjualan Hewan Kurban

“Disnakkeswan Awasi dan Pantau Tempat Penjualan Hewan Kurban di Kekalik Jaya – Mataram”

Hallo SobaTernak

Tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB melalui bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) dan Bidang Perbibitan Produksi dan Pakan (Bitprokan) melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban di Wilayah Kekalik Jaya – Mataram. Menurut kepala Bidang Kesmavet, kegiatan pemantauan ini dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan hewan kurban serta sosialisasi tatatacara penjualan hewan kurban di masa pandemi covid 19.

Pada kesempatan tersebut, L. Muhammad Yusri, S.Pt, menegaskan bahwa para pedagang diharuskan menerapkan protokol kesehatan disaat melakukan transaksi penjualan hewan kurban, diantaranya ; menjaga jarak, megunakan masker baik penjual maupun pembeli, menyediakan sabun dan tempat cuci tangan/hand sanitizer, memakai sarung tangan, menggunakan baju lengan panjang bagi pedagang, serta menyediakan jalur yang terpisah untuk keluar dan masuk di tempat penjualan.

Masih menurut kabid Kesmavet, hasil pemantauan secara umum terhadap hewan kurban (sapi dan kambing) dalam keadaan sehat, kondisi kandang sementara cukup bersih dan pakan maupun air minum tersedia cukup. Selanjutnya hasil pemantauan hewan kurban di tempat penjualan akan dilaporkan pada Pelaporan Online Kurban Berbasis Web, yang merupakan bagian dari iSIKHNAS, pungkasnya.

#NTBSejahteraDanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *