Pantau Penggunaan Masker di Pasar Perumnas

Hallo SobaTernak

Minggu 04 Oktober 2020, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, dibawah komando Kepala Bidang PPHNak melakukan pemantauan, sosialisasi dan edukasi penggunaan masker di pasar perumnas. Pasar yang tampak cukup bersih ini berlokasi di kelurahan tanjung karang permai, kecamatan sekarbela kota mataram, memiliki 6 pintu masuk dengan 172 pedagang tetap dan 15 pedagang tidak tetap, ujar kepala pasar H. Mustakim.

Masih menurut kepala pasar, pasar perumnas telah menyediakan sarana pendukung terkait dengan pelaksanaan pencegahan pandemi covid-19, antara lain ; 5 unit tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, serta 2 alat pengeras suara untuk melalukan kegiatan sosialisasi dan edukasi.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan, tim menemukan bahwa kepatuhan masyarakat menggunakan masker yaitu sebesar 99 %. Salah satu penyebab tinggi kesadaran pengguna pasar adalah himbauan penerapan disiplin protokol Covid 19, yang dilakukan kepala pasar secara periodik terkait atau setiap 60 menit. Walaupun jumlahnya tidaklah besar, namun masih adanya masyarakat yang enggan mengenakan masker dengan benar ( digantungkan di leher) meskipun sudah ada sanksi berupa denda. Mereka cenderung untuk mengenakan masker dengan baik dan benar hanya ketika melihat dan diperingati oleh petugas. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga telah memberikan bantuan berupa masker kepada penjual/pedagang pasar serta pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker melalui kepala pasar.

#NTBSejahteradanMandiri
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *