Kesejahteraan Ayam Waralaba Makanan Cepat Saji Perlu Perbaikan

Kesejahteraan hewan atau akrab disebut dengan ‘animal welfare’ menjadi aspek yang perlu diperhatikan dalam rantai produksi hewan konsumsi. Mulai dari awal penetasan, pemeliharaan, penyembelihan, hingga pemrosesan.

Ayam yang dikonsumsi dagingnya di beberapa rantai makanan cepat saji terbesar di dunia mendapatkan sorotan badan amal global World Animal Protection untuk dilakukan kajian terhadap standar kesejahteraan hewan.

The Pecking Order 2020 memberikan penilaian tersebut kepada beberapa perusahaan seperti Burger King, Domino’s Pizza Group, Domino’s Inc, KFC, McDonald’s, Nando’s, Pizza Hut, Starbucks, dan Subway.

Data yang spesifik diambil di Indonesia yaitu KFC, McDonald’s, Burger King, dan Starbucks. Laporan ini dipersentasikan secara daring melalui aplikasi Zoom, Kamis (29/10). The Pecking order sendiri menilai perusahaan di tiga bidang yaitu komitmen, ambisi, dan transparansi.

Berdasarkan temuan dari World Animal Protection pada The Pecking Order 2020, tiga dari perusahaan makanan cepat saji yang dinilai di Indonesia (KFC, McDonald’s, dan Burger King) memiliki kebijakan kesejahteraan hewan global, tetapi belum signifikan dalam mengatasi masalah kesejahteraan hewan.

Jonty Whittleton selaku Kepala Kampanye Global World Animal Protection mengatakan bahwa konsumen saat ini semakin peduli mengenai kesejahteraan hewan.

“Kami akan berkomitmen untuk menekan perusahaan untuk membuat perubahan nyata yang melindungi hewan dan konsumen,” jelasnya.

Sementara itu menurut Rully Prayoga selaku Manajer Kampanye Hewan Ternak untuk Indonesia mengatakan bahwa ada di dalam UU No. 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan disebutkan tentang kesejahteraan hewan pada BAB I No 42.

“Undang-undang ini jelas menjunjung tinggi kesejahteraan hewan ternak, dan tidak ada alasan untuk ketidaktahuan restoran cepat saji terhadap UU ini,” tutur Rully.

Informasi selengkapnya kunjungi www.poultryindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *