KERJASAMA APLIKASI TRANSFER EMBRIO DI NTB

Hallo SobaTernak…

Salah Satu terobosan untuk meningkatkan mutu genetic ternak dilakukan melalui Transfer Embrio (TE), disamping itu pula akan diperoleh bibit yang berkualitas dengan kelahiran hasil Transfer Embrio baik yang akan digunakan sebagai calon sapi Donor untuk kelahiran betina maupun sebagai calon Bull bagi sapi jantan. Hasil kelahiran Transfer Embrio ini nantinya memiliki sifat asli pure mengikuti kedua induknya.

Kegiatan Aplikasi Transfer Embrio merupakan Kerjasama antara Balai Embrio Ternak Cipelang dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memberikan manfaat yang besar bagi semua pemangku kepentingan baik Pemerintah Daerah, Petugas dan masyarakat peternak pada khsusnya, namun yang lebih penting lagi adalah tersedianya calon Pejantan Unggul maupun indukan betina yang memiliki sifat asli seperti tetuanya dan dapat dijaring sebagai Bull bagi BIB untuk memproduksi semen beku.

Embrio yang berasal dari BET Cipelang merupakan hasil dari Donor Indukan untuk jenis sapi tertentu seperti Simental dan Limousine yang disuntik dengan Semen Beku Import dari jenis yang sama. Semen Beku pada BET Cipelang diimport dari Negara negara terutama Amerika, Canada dan Australia. Kegiatan Aplikasi Transfer Embrio di NTB telah diperkenalkan sejak Tahun 2014 di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur, Kegiatan Pengembangan Introduksi Transfer Embrio pada tahun 2020 dilakukan pada Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat.

Sebelum pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan seleksi calon resipian pada sapi masyarakat, sebagai lokasi terpilih dengan populasi ternak eksotik lebih besar Lombok Utara diwakili oleh Kecamatan Tanjung dan Gangga. Sedangkan Kabupaten Lombok Barat adalah Kecamatan Gerung. Berdasarkan hasil wawancara oleh Tim BET Cipelang kepada sejumlah peternak sebagai pemilik sapi resipien sangat antusias dengan adanya kegiatan Aplikasi Transfer Embrio ini dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten dapat mengalokasikan anggaran untuk Pengadaan Embrio guna meningkatkan mutu genetic sapi di masyarakat.

#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBGemilang
#KampungUnggas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *