Jangan Ragu Minum Susu Kerbau

Banyak dari kita selama ini masih jarang atau bahkan belum pernah sama sekali mengkonsumsi susu kerbau. Padahal susu kerbau punya banyak kelebihan yang jarang orang mengetahuinya. Selama ini susu kerbau di kalangan masyarakat Indonesia masih dipandang sebelah mata. Produk olahan susu kerbau seperti mentega dan berbagai varian keju seperti keju ricotta, frescal serta keju mozarella yang terkenal merupakan varian unggulan yang belum banyak dikembangkan di negara kita, padahal permintaanya cukup tinggi.

Susu segar dari kerbau maupun berbagai produk olahannya memiliki komponen nutrisi yang sangat baik yang dapat memenuhi kebutuhan gizi manusia. Di antara keuntungan yang bisa didapatkan dari susu kerbau adalah rasanya yang sangat lezat, hasil kejunya yang banyak dan berkualitas bagus serta memberikan keuntungan kesehatan yang luar biasa apabila mengkonsumsinya.

Susu kerbau memiliki kandungan gizi yang sangat unik sebagai sumber protein, vitamin, mineral serta komponen lain, dan jika dibandingkan dengan susu sapi, dalam volume yang sama susu kerbau memiliki kandungan yang lebih baik.
Dari segi karakteristik, susu kerbau juga memiliki karakter fisik-kimia dan organoleptik yang sangat unggul, karena memiliki kekentalan dan pH yang cukup tinggi, rasa yang agak manis, dan warnanya yang putih cerah akibat dari kandungan lemaknya yang rendah karoten.

Oleh karenanya, mulai sekarang anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi susu kerbau maupun produk hasil olahannya. Karena selain enak, anda juga akan terkejut dengan banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan.
Selamat mencoba!

Sumber:
The Buffalo (Bubals Bubalis) Production and Research. Presicce, G.A. 2017. Bentham Science Publishers, UEA.

#kementanRI #ditjenpkh #bbibsigosari #peternakan #kerbau #sapi#disnakkeswanntb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *