Wakil Gubernur Launching BUMDES Bunda Desa Lonyok

Sikur (13/7/2020)- Ada pemandangan berbeda pada JPS Gemilang Tahap III yang berlangsung di Desa Lonyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Bantuan kali ini dikemas dengan keranjang dan besek anyaman atau biasa disebut Dedungki yang merupakan hasil kerajinan dari Desa Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Dedungki tersebut merupakan hasil kerajinan masyarakat Desa Loyok, yang memang sedari dulu dikenal sebagai pusat kerajinan.

Pada JPS Gemilang Tahap III akan disalurkan ke 120.000 KK, akan ada sebanyak 33.689 buah kemasan Dedungki. Jumlah tersebut disesuaikan dengan kesiapan pengrajin.

Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang Tahap III melibatkan 4.673 UMKM/IKM untuk disalurkan ke kabupaten/kota se-NTB. Ini juga menjadi komitmen Pemprov untuk menyalurkan bantuan tersebut dengan tetap memperhatikan kualitas paket bantuan serta pemberdayaan atau pelibatan IKM/UMKM sebanyak mungkin.

Selain di Lombok Timur, penyaluran pada hari ini juga dilakukan di Kota Mataram. Kemudian Selasa 14 Juli 2020, disusul oleh Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Dompu Bima dan Kota Bima.

Jumlah penerima tahap III sebanyak 120.000 KK. Terdiri dari 110.130 KK berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan 9.870 non DTKS. Sedangkan barang dalam JPS Gemilang menggunakan produk dari 4.673 UMKM/IKM/kelompok usaha.

Untuk penerima manfaat, di Pulau Lombok sebanyak 83. 276 KPM yang terdiri dari Kabupaten Lombok Utara sebanyak 4.290, Lombok Timur 43.920, Kota Mataram 6.641 Lombok Barat 11.458 dan Lombok Tengah 16.967. Sementaa di Pulau Sumbawa sebanyak 36. 724 PKM, terdiri dari Kabupaten Sumbawa Barat 2.639, Kabupaten Sumbawa 7.106, Kabupaten Dompu 8.696, Kabupaten Bima 16.093 dan Kota Bima 2.187.

JPS Gemilang lanjutnya tidak hanya memberi stimulus perekonomian kepada masyarakat di masa pandemi. Akan tetapi sekaligus langkah untuk membangkitkan UMKM dan IKM agar berkembang.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah menegaskan semangat awal pemberdayaan UMKM dan IKM merupakan roh dari JPS Gemilang ini. “Tentunya UMKM maupun IKM ini yang akan banyak melibatkan masyarakat untuk menggerakan ekonomi kita,” kata Wagub Rohmi.

Pandemi Covid-19 memberikan sisi positif kepada masyarakat kita. Disamping mengajarkan untuk terapkan berperilaku sehat, namun membangkitkan pemberdayaan UMKM/IKM di sisi ekonomi.

Pada kesempatan ini Wagub juga melaunching BUMDES Bunda Desa Loyok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *