Sentra Peternakan Rakyat (SPR)

SPR “Ridho Ilahi” adalah komunitas Kewirausahaan sosial (Social Enterpreneurs) sebagai wadah kemitraan, kerjasama, kekeluargaan dan kebersamaan usaha yang halal, baik, sehat, serta bermanfaat yang bergerak dalam bidang peternakan yang berbasis kesejahteraan peternak rakyat.
Secara administratif SPR “ RidhoIlahi” berada di wilayah Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun kawasan SPR “Ridho Ilahi” terdiri dari 6 desa, yakni : Wanasaba, Wanasaba Lauq, Wanasaba Daye, Karang Baru, Karang Baru Timur dan Beriri Jarak. Jumlah anggota SPR “RidhoIlahi” adalah 612 orang dengan total jumlah ternak sebanyak 1.705 ekor (data, April 2016).
SPR “Ridho Ilahi” didirikan pada tanggal 21 Desember 2015 dan dideklarasikan pada tanggal 23 April 2016, pendirian ini dilakukan dengan pemilihan Gugus Perwakilan Pemilik Ternak (GPPT) secara demokratis dan terpilih.

Visi dan Misi
Visi : PeternakBerdaulatyang di Ridhoi Allah SWT
Misi : SDM yang BerakhlakMulya, MenguasaiIptekdanBerjiwaEnterpreneur.

Tujuan
1. Mewujudkan usaha peternakan rakyat dalam suatu perusahaan kolektif yang dikelola dalam satu manajemen.
2. Meningkatkan daya saing usaha peternakan rakyat melalui peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan penguatan ketrampilan peternakan rakyat.
3. Membangun sistem informasi sebagai basis data untuk menyusun populasi ternak berencana.
4. Meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan peternak rakyat.
5. Meningkatkan kemudahan pelayanan teknis dan ekonomis bagi peternakan rakyat.

Struktur Organisasi
spr-s

Rencana Usaha
Adapun  rencana usaha yang dilakukan oleh SPR “RidhoIlahi” diantaranya:
1. Pembibitan Sapi : menghasilkan sumber bibit Sapi Bali dan Simbal yang unggul.
2. Penggemukan Sapi : jenis sapi yang digemukkan adalah Sapi Bali dan Sapi Simbal dengan rata-rata berat badan 250- 500 kg dengan usia 2-3 tahun.
3. Perdagangan Sapi : SPR RidhoIlahi melayani jual beli sapi dari berbagai jenis, baik sapi lokal maupun sapi silangan.
4. Wafer Jerami Komplit dan Konsentrat : dalam rangka mendukung kebutuhan pakan ternak yang dipelihara, SPR RidhoIlahi memproduksi Wafer Jerami Komplit dan Konsentrat sebagai sumber pakan untuk pembibitan maupun penggemukan sapi. Selain untuk kebutuhan internal wafer jerami komplit dan konsentrat ini juga melayani kebutuhan peternak sapi /instansi lainnya dengan kualitas terjamin.
5. Kios Daging : SPR RidhoIlahi menyediakan daging sapi segar yang sehat, higienis dan bermutu.
6. Pupuk Kompos Organik : SPR RidhoIlahi memproduksi pupuk kompos dengan Bio Active Technology, keunggulannya adalah :

  • Mengandung mikroba Biodekomposer unggul
  • Menekan pertumbuhan mikro bapatogen yang merugikan
  • Meningkatkan penyerapan unsur hara makro dan mikro
  • Memperbaiki struktur tanah

Potensi Wilayah SPR
Wilayah yang tergabung dalam SPR “Ridho Ilahi” sebanyak 6 Desa, yakni Desa Wanasaba Lauk, Desa Wanasaba, Desa Wanasaba Daya, Desa Karang Daya, Desa Karang Baru, Desa Karang Baru Timur dan Desa Beriri Jarak. Dari 6 Desa tersebut terlibat sebanyak 20 Kelompok Tani Ternak (Tulung Danang, Sapeng, Tibu Daye, Sumber Rizki, Kasih Sayang, Kokok Balas, Pade Bareng, Pade Melente, Pade Angen, Arya Banjar Getas, Minari, Permai, Sopok Angen, Bebaturan, Ijo Lembak, Hidup Maju, Orong Seber, Maju Jaya, Ober0ober dan Montong Mentagi) dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 612 orang.

Populasi Ternak
Populasi ternak sapi yang ada pada SPR “Ridho Ilahi” sebanyak 1.705 ekor dengan rincian ternak betina dewasa 1.004 ekor, muda 139 ekor dan anak 205 ekor adapun ternak jantan dewasa sebanyak 123 ekor, muda 92 ekor dan anak 142 ekor.
spr-2  spr