Renstra

Rencana Strategis 2013-2018

Berbagai macam perkembangan yang terjadi dalam era informasi mengakibatkan meningkatnya kebutuhan pelayanan masyarakat yang lebih prima, semakin menipisnya sumberdaya, serta semakin beragamnya tuntutan pelayanan yang harus disediakan. Hal ini yang mendorong suatu organisaasi atau instansi pemerintah untuk melakukan perubahan mendasar. Penyusunan Rencana Strategis suatu organisasi/instansi pemerintah dapat menyiapkan perubahan secara proaktif dan mendasar yang bukan hanya sekedar bereaksi terhadap segala perubahan yang terjadi.

Dalam suatu organisasi atau instansi pemerintah perencanaan merupakan suatu aktifitas manajemen yang sangat fundamental, oleh Karena itu rencana strategis memuat tujuan, sasaran, kebijakan serta sistim untuk mencapai suatu tujuan. Dengan rencana strategis akan menuntun suatu diagnose organisasi dan instansi pemerintah terhadap pencapaian hasil yang diinginkan secara obyektif serta dapat membangun strategisnya suatu kegiatan sebagai bagian penting organisasi yang berorientasi pada hasil.

Visi Pemerintah Provinsi NTB periode 2013 – 2018 yaitu Terwujudnya Masyarakat NTB yang Beriman, Berbudaya, Berdaya saing dan Sejahtera. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pemerintah daerah menetapkan 7 (Tujuh) misi utama yang menjadi acuan untuk dipedomani dalam pembangunan di NTB selama 5 (lima) tahun kedepan yaitu 1). Mempercepat perwujudan masyarakat yang berkarakter melalui pemantapan ketaatan beragama, peningkatan budi pekerti, dan pengembangan toleransi 2). Mengembangkan budaya dan kearifan lokal untuk pembangunan, 3). Melanjutkan ikhtiar reformasi birokrasi yang bersih dan melayani, penegakan hukum yang berkeadilan, dan memantapkan stabilitas keamanan, 4). Meningkatkan mutu sumberdaya manusia yang berdaya saing melalui optimalisasi pelayanan pendidikan, kesehatan, keluarga berencana dan kesejahteraan sosial yang berkualitas, terjangkau dan berkeadilan gender, 5). Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mempercepat penurunan kemiskinan, dan pengembangan keunggulan daerah melalui industri pariwisata, agroindustri, dan ekonomi kreatif berbasis budaya, sumberdaya lokal dan iptek, 6) Melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur dan konektifitas antar wilayah berbasis tata ruang, dan 7) memantapkan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Mengacu Visi dan Misi tersebut diatas, maka pembangun an peternakan Tahun 2013 – 2018 harus mampu menjawab berbagai tantangan dan hambatan dengan memanfaatkan potensi dan peluang yang dimiliki secara optimal. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB sesuai tugas pokok dan fungsinya dan dengan mempertimbangkan berbagai faktor tersebut merencanakan pembangunan peternakan yang dituangkan dalam Rencana Strategis (RENSTRA).

Rencana Strategis memuat Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Strategi Kebijakan, Program dan Kegiatan Pembangunan Peternakan periode Tahun 2013 – 2018.